My Adsense

Sistem Operasi di Handphone Kini Semakin Mengikat Kehidupan Pribadi

Sistem operasi handphone apa yang menjadi favorit pembaca? Saya sendiri sudah sangat senang dengan Android dan selalu menggunakan handphone berbasis Android sebagai handphone utama saya. Saya sudah mencoba beberapa handphone dengan sistem operasi yang berbeda seperti Windows Phone, BlackBerry, Symbian, dan iOS namun tetap saja saya lebih sreg dengan Android.
Kenapa bisa demikian? Saya lihat sepertinya untuk beberapa orang termasuk saya, sistem operasi tertentu itu sudah terintegrasi dan terbiasa dengan kehidupan sehari-hari dan juga kehidupan seputar pekerjaaan kita. Contohnya saya sudah sangat terbiasa dengan widget dan intergrasi yang kuat dengan aplikasi-aplikasi Google di Android yang sangat membantu kehidupan sehari-hari saya.
Pernah saya mencoba beberapa bulan menggunakan handphone berbasis sistem operasi lainnya untuk hal-hal pekerjaan saya, namun karena integrasi dengan produk-produk Google seperti GMail, Google Taks, Google Calendar dan lainnya lebih lemah dibandingkan Android dan saya sering sekali menggunakan produk Google maka sulit untuk saya menggunakan handphone berbasis sistem operasi selain Android sebagai handphone utama saya.
Teman-teman saya pun demikian, ada yang sudah terbiasa dengan BlackBerry dan tidak bisa lepas dari BlackBerry Messenger-nya sehingga jika diminta menggunakan handphone berbasis sistem operasi lainnya tidak mau. Begitu juga dengan teman-teman saya yang sudah terbiasa dengan iPhone.
Sekalinya pindah ke sistem operasi handphone yang berbeda itu kebanyakan dikarenakan hal-hal yang mempunyai pengaruh besar ke si pengguna seperti misalnya sistem operasi tertentu tidak cukup bagus untuk mendukung pekerjaannya atau misal sistem operasi tertentu sudah ketinggalan jaman dan ingin mencoba hal-hal baru. Dan, itupun biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk pindah ke handphone dengan sistem operasi yang berbeda.
Walaupun saya sudah terikat dengan Android, bukan berarti saya melihat sistem operasi handphone lainnya itu tidak bagus. Saya pribadi suka dengan apa yang Windows Phone dan iOS tawarkan namun seperti yang saya bilang sebelumnya, saya sudah terbiasa dengan Android dan sulit untuk melepaskan Android. Saat ini pun saya aktif menggunakan Nokia Lumia yang berbasis Windows Phone namun tentu lebih sering menggunakan handphone berbasis Android saya.
Dulu sewaktu handphone masih sederhana dan hanya bisa SMS atau telepon, yang mengikat kita mungkin hanya operator telepon yang kita gunakan saja dan tidak peduli sistem operasi apa yang digunakan di handphone-nya. Namun, seiring dengan perkembangan handphone, bahkan sistem operasi pun mengikat kita juga sekarang.
Bisa saja kita mempunyai banyak handphone dengan sistem operasi yang berbeda beda, namun pasti salah satu handphone dengan sistem operasi tertentu yang menjadi favorit kita yang akan paling sering digunakan. Disadari ataupun tidak disadari, sistem operasi di handphone kita itu  sekarang memiliki pengaruh yang kuat ke preferensi kita ketika menggunakan handphone.

Sumber : Teknojurnal

0 komentar: