-->

Blog Archive

hobi

free counters

stats

Followers

Inilah Komentar NASA Soal Kiamat 2012

- 12/16/2012 07:54:00 am
advertise here
advertise here

Sebagian orang mungkin menyambut tahun 2012 dengan hati dag-dig-dug. Tak hanya dibikin ciut oleh film 2012 yang menampilkan Bumi rengkah dan orang-orang bergelimpangan itu, beberapa paranormal Indonesia mengaku penerawangan mereka tak bisa melampaui tahun “angker” itu—belum lagi beberapa terawangan di antaranya yang menyebut bakal ada geger perselingkuhan antara seorang pejabat publik yang dikenal saleh dengan artis lokal. Lantas, terlepas dari segala dugaan “hokus-pokus” itu, adakah penjelasan ilmiah terkait dugaan mengebohkan ini? Berikut tanya-jawab dengan ilmuwan NASA seperti dikutip dari laman resmi lembaga luar angkasa Amerika itu.
Apakah Bumi terancam di tahun 2012? Beberapa situs internet mengatakan dunia akan berakhir pada Desember 2012.
Tak ada ancaman pada Bumi di tahun 2012. Planet kita telah baik-baik saja selama 4 milyar tahun. Dan ilmuwan terpercaya mana pun di dunia tahu tak ada ancaman apa pun
di tahun ini.
Dari mana asal prediksi bahwa dunia akan kiamat pada 2012?
Semua berawal dari cerita bahwa Nibiru, sebuah planet planet yang konon ditemukan orang Sumeria, sedang meluncur ke arah bumi. Bencana ini pertama kali diduga akan terjadi pada Mei 2003. Namun ketika tak terjadi apa-apa, tanggalnya lalu diundur ke Desember 2012.
Kedua kisah ini lantas dihubung-hubungkan dengan salah satu siklus kalender kuno maya yang berakhir pada titik balik matahari di musim dingin 2012—lalu diprediksi bahwa kiamat akan datang pada 21 Desember 2012.
Apakah kalender Maya berakhir pada Desember 2012?
Seperti halnya kalender yang tergantung di dinding dapur kita yang terus berputar setelah 31 Desember, kalender Maya juga tak berhenti di 21 Desember 2012. Tanggal ini adalah akhir dari periode panjang dari kalender itu, tapi—seperti halnya kalender kita yang berjalan lagi pada 1 Januari—sebuah periode panjang di kalender Maya pun kembali berputar.
Mungkinkah terjadi sebuah fenomena di mana sejumlah planet berada di posisi sejajar, di mana hal ini akan memengaruhi Bumi?
Tak akan ada penjajaran selama beberapa dekade ke depan. Bumi tak akan keluar dari garis orbitnya pada 2012. Dan walaupun penjajaran ini terjadi, tak akan ada pengaruhnya terhadap bumi. Bumi dan matahari selalu berada dalam posisi sejajar dengan sekitar pusat Galaksi Bima Sakti. Tapi kejadian tahunan ini tak ada konsekuensinya sama sekali.
Apakah benar ada planet kecil cokelat yang disebut Nibiru, atau Planet X, atau Eris yang mendekati dan mengancam Bumi karena kehancurannya yang menyebar?
Nibiru dan cerita-cerita lain tentang planet-planet yang mendekat itu cuma isapan jempol di internet. Jika Nibiru atau Planet X itu nyata dan memang akan membentur Bumi di tahun 2012, para ahli astronomi pasti sudah mendeteksinya paling tidak dalam satu dekade terakhir ini. Dan ini bisa dilihat kasat mata. Itu tak akan terjadi.
Planet Eris memang ada, tapi itu hanya planet kecil seperti Pluto yang akan terus beredar di luar sistem surya kita. Jarak terdekatnya paling-paling hanya sekitar 4 milyar mil.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan teori pergeseran polar? Apakah betul kerak bumi akan berputar 180 derajat pada sumbunya dalam hitungan jam atau hari?
Perubahan putaran sehingga berbalik seperti itu sangat tidak mungkin. Memang ada pergerakan beberapa benua (contohnya Antartika yang mendekati khatulistiwa jutaan tahun silam), tapi ini jelas tidak relevan untuk mengatakan bahwa kutub-kutub bumi akan berputar terbalik. Mereka mengatakan hubungan antara rotasi dan polaritas magnetis Bumi, yang terus berubah secara acak, dengan pembalikan magnetis akan terjadi rata-rata setiap 400.000 tahun sekali.
Setahu kami, pembalikan magnetis seperti itu tak akan mencederai kehidupan di Bumi. Lagi pula, pembalikan magnetis seperti itu tak akan terjadi di beberapa milenium ke depan.
Apakah Bumi akan dihantam meteor di tahun 2012?
Bumi selama ini  selalu menjadi sasaran tumbukan komet dan asteroid, walaupun tak mungkin terjadi tumbukan besar. Tumbukan besar terakhir itu terjadi 65 juta tahun lalu dan menyebabkan dinosaurus punah.
Sekarang ahli astronomi di NASA sedang membuat Spaceguard Survey (Survei Penjaga Langit) untuk mengetahui asteroid di dekat Bumi, sehingga bisa diprediksi jauh-jauh hari kapan mereka akan menghantam Bumi. Kami telah menyatakan bahwa tak ada ancaman asteroid yang lebih besar dari yang membuat dinosaurus punah itu.
Semua ini dikerjakan secara terbuka dan temuan-temuannya dipasang setiap hari di laman NASA NEO Program Office. Jadi Anda bisa melihat sendiri bahwa tak akan ada yang menabrak Bumi di tahun 2012.
Bagaimana tanggapan para ilmuwan NASA tentang kiamat yang diundur?
Apa penjelasan ilmiah dari semua dugaan bencana atau perubahan drastis di 2012 itu? Mana buktinya? Nihil. Dan semua cerita-cerita fiksi itu, entah dibuat di buku, film, dokumenter, atau internet, tak bisa mengubah fakta sederhana yang saya paparkan tadi. Tak ada bukti otentik dari semua cerita itu yang bisa membantu menyatakan bahwa ada peristiwa besar yang akan terjadi di bulan Desember 2012.
Apakah ada ancaman badai surya di tahun 2012?
Aktivitas matahari memiliki siklus tetap yang memuncak setiap sekitar 11 tahun. Di sekitar puncak aktivitas ini, semburan sinar matahari memang bisa mengganggu komunikasi satelit. Saat ini para insinyur sedang meneliti pembuatan perangkat elekronik yang bisa menangkal serangan badai surya itu. Tapi tidak ada risiko yang ada hubungannya dengan tahun 2012. Akitivitas puncak matahari selanjutnya akan terjadi pada kurun waktu 2012-2014, dan diduga hanya akan merupakan siklus surya biasa. Tak ada bedanya dengan siklus sebelumnya sepanjang sejarah.
(JIBI/bisnis-jabar.com)
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

My Adsense

 

Start typing and press Enter to search